Ziarah Wali, ‘Nguri-nguri’ Tradisi Santri

Wonobodro – Pelajar Kota Santri
Puncak perayaan khoul Syekh Maulana Maghribi Desa Wonobodro Kecamatan Blado Kabupaten Batang jatuh pada tanggal 13 Muharrom 1438 H, bertepatan pada hari Jum’at Pahing tanggal 14 Oktober 2016. Momentum tersebut dimanfaatkan oleh PAC IPNU IPPNU Kecamatan Tirto untuk melaksanakan ziaroh sekaligus konsolidasi pengurus dan anggota. Dengan menggunakan angkutan umum dan sepeda motor puluhan kader PAC IPNU IPPNU Tirto yang berasal dari berbagai ranting nampak bersemangat akan kegiatan ini meskipun cuaca saat itu gerimis. 
Rekan Yasirlana As-Shahab menuturkan bahwa kegiatan ini adalah salah satu program kerja Pimpinan Anak Cabang IPNU IPPNU Kecamatan Tirto Masa Khidmad 2014-2016. Harapan kami melalui penyelenggaraan ini Rekan dan Rekanita khususnya pengurus dapat mengambil nilai-nilai serta hikmah dari ziarah itu sendiri, selain itu kegiatan ini diharapkan juga dapat membangun kemistri antar pengurus kedepannya.
“Kita sebagai pelajar dan dan santri Nahdliyin harus meneruskan tradisi ini, karena kalau bukan kita siapa lagi yang mau melestarikan tradisi ziarah seperti ini, mengingat kelompok-kelompok diluar NU menggap bahwa kegiatan semacam ini adalah bid’ah yang tidak boleh dilaksanakan. Lebih-lebih nanti tanggal 22 Oktober akan kita peringati sebagai Hari Santri Nasional, maka marilah kita jadikan hal ini sebagai momentum resolusi jihad kita”, imbuhnya.
 (Sarkipul)
Bagikan Rekan :

Tinggalkan Balasan