Siapkan Penulis Handal, IPNU-IPPNU Kabupaten Pekalongan Gelar Workshop

Siapkan Penulis Handal, IPNU-IPPNU Kabupaten Pekalongan Gelar Workshop

Pekalongan – Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Pekalongan menggelar kegiatan Workshop Menulis Kreatif dan Pelatihan Fotografi pada Sabtu (3/4) di gedung PCNU Kabupaten Pekalongan lantai 3.

Kegiatan yang mengangkat tema ‘Menulis, Memotret, Kita Bercerita’ ini diikuti oleh 40 peserta dari kader IPNU-IPPNU se-Kabupaten Pekalongan dan dibagi dalam dua sesi, yakni workshop menulis kreatif dengan pemateri Ribut Achwandi dan pelatihan fotografi dengan pemateri Noval Faris.

Ketua PC IPNU Kabupaten Pekalongan, Muhammad Wafik Fahmi yang membuka acara mengharapkan agar tercipta kader-kader penulis yang mampu bersaing dalam kinerja, serta membuat karya tulis yang bersifat kreasi dalam berprestasi yang nantinya bisa menjadi sejarah organisasi.

“Serta mampu menjaga ketahanan informasi dan memberikan informasi tentang Aswaja dalam menghalau paham radikalisme di media sosial,” ucapnya.

Ketua Organizing Committe, Khairul Anwar mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mencetak kader IPNU dan IPPNU di Kabupaten Pekalongan yang ahli dalam menulis. Baik itu menulis opini, essay dan lain sebagainya.

“Disamping itu, harapannya para peserta ini nantinya juga bisa membuat narasi-narasi yang positif, berkualitas, dan yang sifatnya mengajak kepada kebaikan di media sosial. Hal Ini sebagai ikhtiar kita bersama untuk menanggulangi doktrin-doktrin radikalisme yang sering terjadi lewat media sosial,” ujarnya.

Disampaikan, kegiatan ini tidak hanya sebatas formalitas, namun tetap ada tindak lanjutnya untuk mengembangkan potensi para peserta. “Ini baru sebagai awalan. Setelah ini, peserta kami tugaskan untuk membuat artikel dengan tema tradisi Ramadhan. Dan dari kami tetap akan terus mengawal agar peserta ini menjadi kader yang berkualitas, khususnya dalam bidang tulis menulis dan fotografi,”imbuhnya.

Sementara itu, Koordinator Departemen Jaringan Komunikasi dan Informatika PC IPPNU Kabupaten Pekalongan, Yulia Rizkiana menyampaikan harapan dari adanya pelatihan fotografi. Ia berharap peserta pelatihan bisa menguasai dasar-dasar fotografi untuk kebutuhan media sosial pribadi atau organisasi khususnya PAC masing-masing.

“Istilah kerennya eye catching. Karena mungkin ketika kita penasaran dengan sesuatu hal (dalam hal ini organisasi) yang pertama kali dicari adalah akun media sosialnya. Jadi, seperti ‘sosmedmu cerminan organisasimu’,” paparnya.

Salah satu peserta, Risma Ayuning Asti dari PAC IPPNU Tirto mengaku sangat senang bisa ikut berpartisipasi dalam menimba ilmu penulisan karena sesuai dengan hobinya di dunia jurnalistik.

“Kegiatan ini semoga masih ada kelanjutannya dengan menggunakan konsep santai dan tempat yang nyaman, serta kegiatan pelatihan ini bisa diadakan juga ditingkatan PAC masing-masing,” harapnya.

Hal serupa disampaikan oleh Nicholas dari PAC IPNU Sragi yang mengaku sangat senang karena menambah pengetahuan dalam menulis dan fotografi.

“Alhamdulillah bisa mengikuti kegiatan ini. Harapannya agar ada kegiatan lanjutan, serta materi bisa upgrade ke tingkat selanjutnya,” tuturnya.

Kegiatan ini diawali dengan membaca surat Al-fatihah, lalu menyanyikan lagu Indonesia raya, mars Syuhbanul Wathon, mars IPNU dan IPPNU. Turut hadir pada upacara pembukaan PC GP Ansor Kabupaten Pekalongan dan PC Muslimat NU Kabupaten Pekalongan.

Kontributor : Dziky Ilmi Nabila

Editor : Khairul Anwar

Bagikan Rekan :

Tinggalkan Balasan