You are currently viewing Peran Media Sosial dalam Pembelajaran Formal
Foto: Kumparan.com

Peran Media Sosial dalam Pembelajaran Formal

Oleh: Putri Febriani (Kader IPPNU Desa Karangjompo, Tirto)

Media sosial adalah sebuah media untuk bersosialisasi satu sama lain dan dilakukan secara online yang memungkinkan manusia untuk saling berinteraksi tanpa dibatasi ruang dan waktu. Media sosial merupakan sebuah media berbasis kecanggihan teknologi yang diklarifikasikan dari berbagai bentuk seperti majalah, forum internet, weblog, blog sosial, micronlogging, wiki, siniar, foto atau gambar, video, perangkat dan bookmart soisal.

Tujuan dari adanya media sosial adalah sebagai sarana komunikasi untuk menghubungkan antar pengguna. Agar pengguna media soisal lebih mudah dan cepat, dibutuhkan koneksi internet yang stabil dan tepat. Kita tidak perlu lagi menghubungi orang lain melalui kabel telepon atau alat komunikasi tradisional lainnya. Cukup dengan mengakses media sosial, kita dapat terhubung dengan banyak orang, membuat forum, diskusi bersama, menggunggah aktivitas keseharian kita dan lain sebagainya.

Sepanjang  tahun 2010, Kaplan dan Haenlaen mengembangkan skema atau klarifikasi untuk berbagai jenis media sosial, diantaranya yaitu Proyek Kolaborasi (sosial media yang berbentuk website), Konten  (di dalamnya dapat berbagai konten seperti video, e-book, dan gambar), Situs Jejaring Sosial (Informasi pribadi berupa postingan foto atau video), Blog dan Mikroblog (bebas mengekspresikan segala hal dalam sebuah blog yang berisi curhatan maupun kritikan), Game World Virtual (permainan berbasis virtual ), Social World Virtual (Dunia sosial berbasis virtual menggunakan perangkat Virtual Reality).

Bagi banyak masyarakat modern, media sosial telah menjadi kebutuhan. Melalui media sosial, seseorang dapat mengetahui berbagai ilmu dan perkembangan informasi yang sedang terjadi. Namun penggunaan media sosial juga sering digunakan untuk hal-hal yang kurang baik. Oleh karena itu, kita harus benar-benar memperhatikan dalam menggunakan media sosial. Berikut beberapa manfaat dari penggunaan media sosial seperti, Konektivitas, Pendidikan, Bantuan, Informasi, Promosi, Inovasi, Memerangi Kejahatan, Membantu Komunitas.

Media sosial juga mempunyai kekurangan atau dampak negatif, salah satu kerugian terbesar dari media sosial adalah melupakan waktu. Tidak sedikit orang yang menyia-nyiakan waktunya hanya untuk bermain media sosial, sehingga banyak waktu yang terbuang, yang seharusnya dapat kita gunakan untuk kegiatan yang lebih manfaaat. Dampak negatif lain yang ditimbulkan dari media sosial yaitu, kita bisa sakit, memang tidak semua mengalami hal ini, namun tidak sedikit pula yang menjadi sakit karena terlalu lama dengan sosial media. Biasanya dikarenakan memainkan game secara terus menerus, menonton video atau hal-hal lainnya. Dengan adanya manfaat, kekurangan dan kelebihan dalam bersosial media, kita sebagai pengguna setidaknya harus paham betul akan kegunaan media sosial, sehingga dapat meminimalisir dampak negatif yang ditimbulkan dari media sosial.

Media sosial telah menjadi bagian tak terpisahkan dari hidup kita. Tidak hanya sebagai  sumber hiburan, tetapi juga merupakan bentuk pembelajaran yang vital. Setiap orang akan memiliki satu akun di situs media sosial. Ada anggapan umum bahwa media sosial hanya membuang-buang waktu. Namun, tidaklah demikian. Jika kita melihat, banyak pengguna internet adalah siswa dan guru, media sosial telah mempengaruhi cara siswa dalam belajar. Jadi mari kita lihat manfaat media sodial dalam industri pendidikan sebagai berikut : Media sosial sebagai saluran komunikasi yang efektif antar siwa dan guru, Pembelajaran online, Sebagai platfom kolaboratif, Sebagai alat penelitian, Membantu memperoleh pengetahuan yang lebih luas, Mendorong metode pembelajaran baru dan meningkatkan pembelajaran mandiri pada siswa.

Kesimpulannya adalah banyak sekali manfat media sosial dalam kehidupan kita, kuncinya yaitu satu, dimana kita dapat mengelola media sosial dengan baik dan benar sehingga dapat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

Bagikan Rekan :

Tinggalkan Balasan