Peran IPNU dalam mencegah kenakalan remaja

Kedungwuni – Pelajar Kota Santri   

Remaja, remaja merupakan generasi penerus bangsa, sehingga baik pemerintah atau orang tua harus membentengi generasi muda dengan mendidik dan menanam nilai dan norma yang diberikan sejak dini.

Kenakalan remaja menjadi hal yang perlu diwaspadai dan lebih diperhatikan, karena seiring perkembangannya seorang anak maka sudah sewajarnya seorang remaja melakukan sebuah kenakalan. selama hal itu masih dalam tingkat yang wajar maka tidaklah berpengaruh buruk.

Banyak faktor-faktor yang membuat remaja  memasuki dunia pergaulan yang rusak. Biasanya berawal dari berteman dengan teman yang membawa dampak buruk. Ada faktor yang berasal dari keluarga yaitu kurangnya perhatian dan pengawasan, Padahal dampak dari kenakalan remaja tidak hanya berdampak buruk pada keluarga,namun juga berdampak buruk terhadap lingkungan masyarakat disekitarnya. Salah satu contohnya yaitu tawuran, narkoba, pergaaulan bebas. “anak ibarat kaca bagi orang tua” Seperti yang dikemukakan oleh bapak wicak, salah satu pengunjung alun-alun gemek, Kedungwuni, Pekalongan.

Faktor terpenting yang membuat remaja terjerumus dalam kenakalan remaja adalah kurangnya pengetahuan dari diri anak tersebut. Dari sinilah IPNU sebagai organisasi pelajar remaja harus memberikan pembekalan akidah  yang kuat sebagai salah satu upaya membentengi kenakalan remaja.

Bagikan Rekan :

Tinggalkan Balasan