Pentingnya Berorganisasi bagi Pemuda


Organisasi adalah bentuk formal dari sekelompok manusia dengan tujuan individualnya masing-masing yang bekerjasama dalam suatu proses tertentu untuk mencapai tujuan bersama (tujuan organisasi). Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah bagi orang-orang untuk berkumpul, bekerja sama secara rasional dan sistematis, terencana, terpimpin dan terkendali dalam memanfaatkan sumber daya, sarana dan prasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.

Lalu apa pentingnya berorganisasi ? saat banyak yang bilang apa sih untungnya ikut organisasi ? Cuma buang-buang waktu dan membuang tenaga serta pikiran.  Ucapan-ucapan seperti ini sebenarnya mereka lontarkan karena mereka tak pernah terjun secara langsung di organisasi. Jadi ketidaktahuan mereka akan pentingnya organisasi membuat mereka berucap seperti itu. Toh kalaupun membuang waktu, tenaga, serta pikiran itupun demi terciptanya tujuan organisasi secara positif, jadi memang berorganisasi itu membuang-buang waktu, tenaga serta pikiran tapi itu dalam kerangka yang positif yang akan membawa banyak manfaat bagi kita dan orang lain.

Organisasi Bisa menjadi tempat yang pas bagi kita (para pemuda) untuk menimba ilmu, menambah pengalaman, menambah teman,memperluas jaringan, mengasah soft skill dan lain sebagainya. Dengan berorganisasi kita akan menemukan jati diri yang sebenarnya, berorganisasi itu asyik, permasalahan-permasalahan yang dihadapi di dalam berorganisasi menjadi bekal berharga untuk kita dalam menjalani hidup ini. Karena kalau sudah terbiasa di hadapkan dengan problem maka kita tidak kaget kalau suatu saat mengalami problem dalam hidup kita yang sebenarnya.

Berorganisasi itu bisa mendekatkan kita dengan masyarakat, karena di dalam organisasi kita selalu berhubungan dengan orang lain. Di organisasi kita akan sering berinteraksi dengan berbagai macam orang. Dan hal ini sangat berguna untuk kita setelah terjun di dunia kerja. Ilmu yang kita dapatkan di organisasi belum tentu di dapatkan di bangku sekolah maupun perkuliahan. Sebagai contoh : ilmu berbicara di depan umum, di bangku sekolahan maupun perkuliahan  hal ini tidak banyak di ajarkan, toh kalaupun di ajarkan hanya sebatas formalitas belaka untuk menunjang nilai akademik. Berbicara di hadapan banyak orang memang membutuhkan mental yang kuat, karena seberapa pintarnya kamu kalau tak memiliki mental yang kuat pasti akan grogi saat dihadapan banyak orang.

Selain itu, belajar di organisasi mampu meningkatkan kreativitas, selalu memiliki ide-ide yang bagus untuk disalurkan. Aktif di organisasi membuat kita banyak dikenal orang, kita akan menjadi pribadi yang ramah dan menarik di mata masyarakat. Organisasi juga mengajarkan kita untuk belajar bertanggung jawab, kerja keras dan pantang menyerah. Nilai yang tinggi saja tidak cukup sebagai bekal kita melamar kerja. Karena itu dibutuhkan skill yang lain dan di dalam organisasi adalah tempatnya. Kerjasama tim dalam berorganisasi juga bermanfaat bagi kita saat kita sudah kerja. Karena bekerja juga membutuhkan kerjasama tim yang baik.

Para orang- orang hebat yang saat ini duduk di pemerintahan RI dulunya juga seorang aktivis organisasi, jadi tak mengherankan kalau suatu organisasi mampu menghasilkan orang-orang hebat yang akan memimpin negeri ini. Sebagai contoh : Menteri sosial, Khofifah Indar parawansa saat masih muda aktif di berbagai organisasi seperti IPPNU dan PMII, kemudian ada Menpora Imam Nahrowi yang dulu aktif di PMII. Dan banyak lagi, Dari kepala desa sampai Presiden pun dulunya adalah orang yang aktif di berbagai organisasi. Bahkan Seorang Pengusaha Sukses pun pasti pernah aktif di berbagai Organisasi. Tanpa berorganisasi mustahil mereka semua bisa sukses seperti itu.

Organisasi itu banyak jenisnya, mulai dari organisasi politik, organisasi mahasiswa, organisasi olahraga, organisasi masyarakat, sampai organisasi pelajar. Pilih sesuka kamu organisasi yang akan di ikuti, usahakan komitmen dan penuh tanggung jawab dalam menjalankan aktivitas berorganisasi. Serap sebanyak mungkin ilmu yang ada di organisasi, jangan malu untuk bertanya, jangan takut kalau ditunjuk sebagai ketua panitia kegiatan, cari pengalaman sebanyak mungkin, asah minat dan bakat kalian di organisasi. banyak hal yang akan di dapat di organisasi. So, tunggu apa lagi ? ayo berorganisasi wahai para anak muda !!!

_Jangan hidup di organisasi, tetapi hidupkan organisasi_


khairul anwar
Bagikan Rekan :

Tinggalkan Balasan