“Merefleksikan Diri akan Makna Penting SUMPAH PEMUDA”

Sumpah Pemuda merupakan hasil keputusan Kongres Pemuda kedua pada 27-28 Oktober 1928 di Jakarta. Ia lahir sebagai bentuk kristalisasi semangat dalam rangka mewujudkan cita-cita berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Dalam peringatan Sumpah Pemuda ini, kita mungkin mampu untuk membayangkan bagaimana perjuangan Pemuda pada saat itu berusaha mewujudkan Persatuan dan Kesatuan dalam pergerakan kemerdekaan sebagai sebuah cita-cita luhur bangsa. Itulah tantangan terbesar pada saat itu. Oleh karenanya, apa yang dihadapi oleh Pemuda pada saat itu tentunya tidak sama dengan yang sekarang.
Pertanyaannya adalah apakah dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda ini hanya untuk membaca sejarahnya? Lantas bagaimana tantangan-tantangan Pemuda sekarang? Mampukah kita mengisi peringatan Sumpah Pemuda ini dengan menjawab tantangan-tantangan yang ada pada saat ini? Sudahkah kita bersatu dalam rangka mempersembahkan dan membangun untuk bangsa dan negara ini? 
Kita sebagai Pelajar dan Kaum Terpelajar sadarlah. Bahwa Pelajar, merupakan salah satu bagian penting dari Pemuda yang mempunyai peran strategis dan fleksibel. Banyak hal yang dapat dilakukan oleh Pelajar, banyak pula yang sangat diharapkan dari Pelajar. Itulah peran dari Pelajar.
Pelajar hari ini adalah Pengajar hari esok. Apa yang dilaksanakan Pelajar pada saat ini merupakan cerminan untuk masa yang akan datang nanti. Oleh karenanya, menjadi sebuah investasi emas bahkan lebih mahal nilainya daripada emas itu sendiri, jika Pelajar pada saat ini selalu melaksanakan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat serta selalu menunjukkan sikap yang positif.
Pemuda Indonesia Menatap Dunia. Merupakan sebuah pesan yang wajib dicerna oleh Pemuda Indonesia. Bahwa hari ini Pemuda Indonesia dihadapkan oleh persaingan global dunia. Ini merupakan tantangan eksternal bagi Pemuda Indonesia. Siap atau tidak, mau tidak mau, Pemuda Indonesia harus mampu menghadapinya. 
Berfikir dengan Cerdas, Bertindak dengan Akhlak. Ini adalah salah satu kunci sukses dalam rangka menjawab tantangan kita hari ini.
————————————
Sumpah Pemuda :
“Pertama:
Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
Kedoea:
Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Ketiga:
Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.”

Oleh : Murtadho, S.Pd.I  (Ketua PC IPNU Kabupaten Pekalongan)

Bagikan Rekan :

Tinggalkan Balasan