You are currently viewing Mantabbb! Puluhan Peserta Ikuti Lakmud Perdana PAC Kesesi

Mantabbb! Puluhan Peserta Ikuti Lakmud Perdana PAC Kesesi

Kesesi – Dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPNU-IPPNU Kecamatan Kesesi Kabupaten Pekalongan untuk pertama kalinya menggelar Latihan Kader Muda (LAKMUD). Kegiatan pengkaderan setelah Makesta itu berlangsung pada 26 – 29 desember 2020 di GOR Desa Podosari Kesesi.

Kegiatan Lakmud perdana ini diikuti oleh perwakilan dari 12 desa di Kecamatan Kesesi yang mencakup 46 peserta, 24 peserta IPNU dan 22 peserta IPPNU dan mengusung tema “Merajut Kebersamaan Untuk Menjadi Kader Yang Militan”.

Dalam pengkaderan kali ini memang memiliki tantangan tersendiri. Selain dalam pelaksanaan yang harus tetap mematuhi protokol kesehatan, terdapat kendala terkait perizinan terhadap semua pihak yang terlibat. Selain itu, juga kendala izin terhadap orang tua yang mengkhawatirkan anaknya mengikuti kegiatan ini karena masih dalam masa pandemi.

PAC IPNU-IPPNU Kesesi menyelenggarakan Lakmud secara terstruktur yang berlangsung selama empat hari dengan berbagai rangkaian acara.

Ketua panitia kegiatan, May Suryani mengungkapkan pada Lakmud perdana ini terdapat 12 materi yang disampaikan kepada peserta dan ia juga berharap alumni Lakmud ini nantinya bisa menjadi kader yang aktif dan bertanggung jawab terhadap organisasi IPNU dan IPPNU.

“Peserta akan diuji pengetahuannya melalui pre test dan post test, setelah itu peserta akan diberi materi yang berjumlah 12 tema pembahasan. Kemudian materi tersebut harus dipahami lebih mendalam oleh peserta dan akan dievaluasi serta dikukuhkan oleh PC IPNU-IPPNU Kabupaten Pekalongan. Kami mengharapkan setelah kegiatan Lakmud, mereka akan menjadi kader yang aktif dalam setiap kegiatan IPNU dan IPPNU serta menjadi kader yang bertanggung jawab,” ujarnya.

Menurut salah satu peserta, Thoriq Aziz, kegiatan ini sangatlah berbeda karena merupakan jenjang pengkaderan kedua sehingga alumninya dituntut untuk mengkader anggota yang lain.

“Karena Lakmud mencetak kader yang harus bisa lebih dari anggota, dalam arti dialah pelopor IPNU- IPPNU agar anggotanya selalu aktif, bisa mengkader anggota, dan memberikan contoh yang baik kepada anggotanya,” ujar rekan Thoriq Aziz.

 

Kontributor : Kholil (Alumni Sekolah Jurnalistik PC IPNU Kabupaten Pekalongan)

Editor : Khairul Anwar

Bagikan Rekan :

Tinggalkan Balasan