You are currently viewing Kita Bisa, IPNU-IPPNU Pekalongan Perkuat Kualitas Kader Melalui Lakut
Foto by Mursalin

Kita Bisa, IPNU-IPPNU Pekalongan Perkuat Kualitas Kader Melalui Lakut

Siwalan – Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Pekalongan sukses menyelenggarakan kegiatan pengkaderan formal tertinggi Latihan Kader Utama (Lakut) pada Kamis – Ahad (30/9-3/10) bertempat di Pondok Pesantren PDF Walindo Kecamatan Siwalan, Kabupaten Pekalongan.

Kegiatan selama empat hari tiga malam yang mengangkat tema ‘Kita Bisa’ ini diikuti oleh kader IPNU-IPPNU pilihan di Kabupaten Pekalongan yang telah melewati berbagai proses seleksi. “Peserta diambil dari beberapa Pimpinan Anak Cabang (PAC) yang mengirimkan delegasinya dan telah lolos melewati berbagai tahap pengkaderan,” ucap Tri Yuli Riskayani selaku ketua panitia Lakut.

Peserta yang lolos berdasarkan hasil screening dan sebelumnya telah melewati Sekolah Kader Berkelanjutan (SKB) mulai dari bulan April sampai September. “Total ada 4 kali SKB, dimana dalam rangkaian SKB semua peserta wajib mengikutinya, apabila tidak hadir satu kali maka dinyatakan gagal untuk ke tahap selanjutnya,” imbuhnya.

Lebih lanjut disampaikan, tujuan diadakannya Lakut yakni sebagai bentuk penyiapan kader dan generasi penerus perjuangan. “Secara khusus Lakut ini mengambil tema ‘Kita bisa’ dengan maksud dan tujuan agar kader yang dibentuk, bisa menjadi apapun sesuai kompetensi dan skill masing-masing kader, dan bisa ditempatkan dimanapun sebagai seorang pionir” pungkasnya.

Ketua PC IPNU Kabupaten Pekalongan, M Wafik Fahmi menegaskan bahwa alumni Lakut 2021 harus dapat menjadi kader yang serba bisa. “Tidak hanya dalam satu bidang tertentu, namun juga harus menguasai bidang yang lain, karena itu akan menjadi nilai plus buat rekan-rekanita, khususnya di era yang penuh dengan persaingan ini,”ucapnya.

Salah seorang peserta, Nafidzul Abror menyatakan suatu kebanggaan bisa menjadi bagian terkecil di dalam acara ini. Sebab, banyak sekali ilmu dan pengalaman luar biasa yang di dapat. “Mulai dari pemateri yang super keren semua. Membuka wawasan kami, melatih kami untuk berpikir kritis. Dan tentu saja dengan tetap meninggikan ajaran ahlussunnah wal jamaah,” tuturnya.

Sementara peserta IPPNU, Fatimatun Nabila memberi kesan Lakut ini sebagai kegiatan pengkaderan yang sangat menarik karena selama mengikuti kegiatan tersebut dirinya sadar bahwa literasi itu perlu ditingkatkan. “Pesan saya, tingkatkan literasi supaya kita tidak mudah dibodohi dan tidak mudah termakan berita hoaks,”ujarnya.

Selain dihadiri tokoh-tokoh berpengalaman yang bertindak sebagai pemateri, pada upacara pembukaan acara ini juga dihadiri oleh PCNU Kabupaten Pekalongan berserta banomnya, MWC NU Siwalan, PAC IPNU-IPPNU Siwalan, pengasuh Pondok Pesantren Walindo dan juga dihadiri langsung oleh ketua PW IPPNU Jawa Tengah, Nirma Aini Masfufah. (K_A)

Bagikan Rekan :

Tinggalkan Balasan