Ketika Teknologi Menjauhkan Kita dari Allah SWT

Sebuah video berdurasi 04.17 menit  yang saya download dari Postingan teman di grup WhatsApp Menginspirasi saya untuk menulis sebuah artikel singkat ini. Dimana didalam video  itu diceritakan bahwa Teknologi modern di jaman sekarang membuat kita sibuk dan jauh dari Allah swt.
Allah selalu memberikan kemudahan bagi kita, dalam hal apapun kita selalu di beri kemudahan oleh Allah. Seperti sabda nabi Muhammad SAW “ Sessungguhnya sesuatu yang sulit itu akan menjadi mudah bagi orang yang dimudahkan oleh Allah SWT”. Namun sering kali kita lupa dan tidak bersyukur bahwa apa yang diberikan Allah kepada kita adalah karena usaha kita sendiri, padahal tanpa ridho dan bantuan dari Allah kita tidak mendapatkan apa-apa.
Salah satu kemudahan yang Allah berikan kepada kita adalah teknologi. Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan hidup manusia.memang teknologi yang membuat adalah manusia, tetapi yang menggerakkan pada hakikatnya adalah Allah SWT.
Teknologi berperan penting dalam kehidupan Manusia, dengan adanya Teknologi semua Aktivitas Manusia bisa dijalankan dengan cepat dan lebih baik. Sebagai contoh adalah Tekonologi Komunikasi (Baca : Handphone), handphone yang merupakan  alat komunikasi pada jaman sekarang sangat membantu manusia dalam urusan Komunikasi. Dahulu handphone mungkin belum secanggih sekarang, saat ini hampir semua manusia memiliki handphone.
Kecepatan informasi dan mudah dalam pemakaiannya menjadi alasan manusia untuk menggunakan handphone sebagai sarana komunikasi.contoh lain adalah Teknologi Internet, internet menjadi sarana yang memanjakan bagi Manusia, mencari informasi , mengirim pesan lewat email, bermain game online, dan sebagainya.
Semua kemewahan Teknologi modern saat ini ada pada kita, kita yang menggunakan dan kita pula yang merasakannya. Handphone Mendekatkan yang jauh, Internet memberimu ilmu yang tidak engkau ketahui, semuanya kita miliki. Lantas apa yang menjadi masalah saat ini, saat banyak manusia di manjakan dengan kemegahan berbagai Teknologi yang canggih, namun ia lupa dengan sang pencipta Teknologi tersebut. kapan lagi kita bisa menikmati kemegahan Teknologi yang serba Modern, saat kita memakai Mobil tanpa BBM, saat kita dimudahkan dalam urusan komunikasi, saat kita dimudahkan pergi kemana-mana karena memiliki motor, dan sebagainya. Kapan lagi kita merasakan itu semua kalau bukan sekarang ?
Namun yang terjadi banyak Manusia (Orang islam) yang terlalu sibuk dengan kesenangannya, mereka lupa akan kewajibannya sebagai hamba Allah. Sholat lima waktu terkadang sering telat karena Asyik BBM-an, lebih memilih Bermain game online daripada mengaji.
Dalam video itu ada ayat alquran Surat Al-an’am ayat 44 yang artinya :
“Maka tatkala mereka melupakan peringatan yang telah diberikan kepada mereka, maka kamipun membukakan pintu-pintu kesenangan untuk mereka, sehingga apabila mereka bergembira dengan apa yang telah diberikan kepada mereka, kami siksa mereka dengan mengejutkan, maka ketika itu mereka terdiam berputus asa”
Teknologi Modern saat ini menyibukkan kita, kita malas baca Alquran karena sibuk di Instagram, sibuk di Facebook. Kita jarang berdzikir karena sibuk berkicau di twitter, kita tidak melaksanakan sholat berjamaah karena sedang asyik membalas Chat dari temen di WhatsApp.
Berapa jam kita bermain FACEBOOK ? berapa kali kita buka Alquran dan Membacanya ? Lebih sering baca pesan Di WhatsApp atau baca Aplikasi Alquran di Hp.? Jawabannya yaitu kita lebih sibuk dengan kemegahan teknologi daripada Melakukakn kewajiban menaati perintah Allah.
Saat mau sholat, tiba-tiba Hp berbunyi, mereka angkat telvon lebih dahulu. Akhirnya gak jadi sholat. Hal seperti ini adalah beberapa contoh kecil dari Perkembangan Teknologi yang semakin canggih yang akhrinya merusak iman kita dan menjauhkan kita dari sang pencipta. Masih banyak contoh-contoh yang lain.
Memang setiap manusia memiliki sifat yang berbeda-beda, ada yang memanfaatkan teknologi sebagai sarana mendekatkan diri kepada Allah . seperti memanfaatkan teknologi untuk berdakwah. ada juga yang memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk berbuat kejahatan. Untuk itulah mari kita gunakan kecanggihan teknologi yang ada di sekitar kita dengan sebaik-baiknya. Gunakan secukupnya saja. Jangan berlebihan. Apalagi kalau sudah terbius dan akhirnya jauh dari Allah swt.
Jangan sampai kemudahan-kemudahan yang Allah berikan kepada kita membuat kita terlena dan melupakan Allah, padahal sesungguhnya semua fasilitas yang diberikan oleh Allah itu adalah sebagai sarana untuk berbuat kebaikan. Renungkanlah.
 
 
Oleh khairul anwar
Bagikan Rekan :

Tinggalkan Balasan