You are currently viewing Kawal Kaderisasi, Tim Trainer IPNU-IPPNU Karangdadap Adakan Acara di Petungkriyono
Foto by Ikromi

Kawal Kaderisasi, Tim Trainer IPNU-IPPNU Karangdadap Adakan Acara di Petungkriyono

Petungkriyono – Alumni kegiatan Training Of Trainer (TOT) PAC IPNU-IPPNU Kecamatan Karangdadap atau yang dikenal sebagai tim trainer terus mengawal jalannya pengkaderan organisasi. Teranyar, mereka mengawal jalannya acara tindak lanjut/follow up alumni makesta ranting Jrebengkembang dan Pagumenganmas di Karangsrity Tlogopakis, Petungkriyono, Sabtu-Ahad (9-10/10).

Ketua PAC IPNU Kecamatan Karangdadap, M Subkhan menjelaskan bahwa tim trainer ini supaya bisa mengawal kegiatan kaderisasi di wilayah Kecamatan Karangdadap pada umumnya, khususnya untuk ranting yang belum melaksanakan kaderisasi secara formal.

“Serta bukan sekadar mengawal melainkan bisa menjadi fasilitator kaderisasi di seluruh wilayah Kecamatan Karangdadap,”ujarnya.

Disampaikan, sebagai tim trainer jangan jadikan hal itu sebagai beban, namun justru jadikan tanggung jawab ini sebagai penyemangat utama karena keterlibatan pengaruh dalam suatu organisasi. Jadilah kader IPNU-IPPNU yang benar-benar bisa memberikan yang terbaik buat organisasi.

“Kader IPNU-IPPNU terbaik bukan hanya mereka yang sudah lama berorganisasi di dalam wadah ini. Akan tetapi bagi siapa yang dengan sukarela mengorbankan waktu dan tenaganya untuk kemajuan organisasi. Hadapi setiap tantangan bersama rekan-rekanita. Jangan bimbang dan takut menghadapi masalah yang ada, karena kalian adalah kader terbaik IPNU-IPPNU,”tegasnya.

Zada Naf’an (Berpeci)

Koordinator departemen kaderisasi PAC IPNU Karangdadap, Ahmad Zada Naf’an yang juga bagian dari tim instruktur PC IPNU Kabupaten Pekalongan menambahkan bahwa tim trainer yang merupakan bagian dari departemen kaderisasi punya tugas utama dalam kegiatan baik itu makesta maupun binari.

“Untuk itu harus banyak belajar pada pedoman yang ada di buku pedoman kaderisasi yang sudah diterbitkan oleh cabang. Selain itu juga belajar mengamati kondisi ranting-ranting di Kecamatan Karangdadap yang berbeda-beda. Kaderisasi merupakan bagian penting atau nafas dari dalam IPNU-IPPNU,”ucapnya.

Acara follow up ketiga yang diadakan outdor ini diawali dengan membaca yasin tahlil, dilanjut dengan pembahasan-pembahasan mulai dari evaluasi diri di kegiatan dua makesta mandiri tersebut untuk melebih baikkan kinerja tim trainer,  sampai dengan bedah buku kaderisasi di bagian poin makesta dan membuat kebijakan serta kesepakatan departemen kaderisasi bersama trainer untuk pedoman kegiatan selanjutnya. Acara lalu ditutup dengan bakar-bakar serta dilanjut sleeping beauty.

Kontributor : Muhammad Ikromi (Alumni Sekolah jurnalistik 2020 PC IPNU Kab Pekalongan)

Editor : Khairul Anwar

Bagikan Rekan :

Tinggalkan Balasan