You are currently viewing Gelar Makesta, Kader IPNU-IPPNU Pusmanu Diminta Jaga Aswaja Di Kampus

Gelar Makesta, Kader IPNU-IPPNU Pusmanu Diminta Jaga Aswaja Di Kampus

Buaran – Ketua Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Kabupaten Pekalongan, Muhammad Wafik Fahmi, menegaskan bahwa mengawal serta menjaga amaliah Ahlussunah Wal Jamaah (Aswaja) di ranah perguruan tinggi sangat penting untuk dilakukan.

Hal tersebut disampaikan saat memberikan sambutan di upacara pembukaan kegiatan MATA KOMPAS II atau Masa Kesetiaan Anggota Komisariat Politeknik Pusmanu Jilid II yang mengusung tema ‘Membentuk generasi yang CINTA dalam bingkai Aswaja’.

“Pengawalan aqidah Aswaja an-Nahdliyah di ranah perguruan tinggi penting dilaksanakan bersamaan dengan harapan terwujudnya kader-kader struktural yang berkualitas dan kritis untuk membangun bangsa di masa mendatang.” Ujar Wafik.

Dalam usianya yang telah genap 2 tahun pada 17 Januari 2021 lalu, Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi (PKPT) IPNU dan IPPNU Politeknik Pusmanu berkomitmen untuk tetap melaksanakan kaderisasi di dalam IPNU dan IPPNU meskipun dalam pelaksanaannya harus senantiasa menerapkan protokol kesehatan guna mencegah munculnya klaster baru penyebaran COVID-19 yang masih menjadi permasalahan global.

Meskipun dalam keadaan yang serba terbatas, ketua PKPT IPPNU Politeknik Pusmanu, Lulu Farida berharap kegiatan MATA KOMPAS II dapat menciptakan kader yang CINTA (Cerdas, Inovatif, Nasionalis, Tanggung Jawab dan Aktif) dan menjaga serta mengamalkan nilai-nilai Ahlussunah Waljamaah (Aswaja).

“Sesuai dengan tema yang kami usung, harapannya dengan diadakannya makesta ini, nantinya tercipta kader yang cerdas, inovatif, nasionalis, tanggung jawab, aktif dan mampu mendedikasikan diri guna pengembangan dan pertahanan nilai ke-Aswaja-an di lingkungan perguruan tinggi pada khususnya dan masyarakat pada umumnya.” Ucap Lulu.

Kegiatan MATA KOMPAS II yang diselenggarakan oleh PKPT IPNU dan IPPNU Politeknik Pusmanu Pekalongan periode 2020-2021 tersebut berlangsung selama tiga hari, Kamis – Sabtu (4-6/2/21) di MTs Salafiyah Wonoyoso, Kecamatan Buaran, Kabupaten Pekalongan.

Pada upacara pembukaan turut hadir pula PKPT IPNU dan IPPNU Pekalongan Raya, BEM ITS NU Pekalongan, PAC IPNU dan IPPNU serta Badan Otonom Nahdlatul Ulama wilayah setempat.

Setelah diberikan ilmu berupa materi Aswaja an-Nahdliyah, ke-NU-an, Ke-IPNU dan IPPNU-an, Ke-Organisasi-an, Lembaga semi otonom CPB dan KPP serta Ke-Indonesiaan, akhirnya para peserta yang berjumlah 73 orang dibaiat oleh PC IPNU dan IPPNU Kabupaten Pekalongan.

Pembina PKPT IPNU Politeknik Pusmanu, Zaki Zakariya yang juga menyaksikan upacara pembaiatan tersebut turut menyampaikan pesan kepada kader.

 “PKPT IPNU dan IPPNU Politeknik Pusmanu harus menjadi motor terciptanya aqidah Aswaja an-Nahdliyah di Politeknik Pusmanu” ujar laki-laki yang juga merupakan bagian dari Akademik Politeknik Pusmanu tersebut.

Kontributor : Ahmad Busthomi

Editor : K. Anwar

Bagikan Rekan :

Tinggalkan Balasan