You are currently viewing Gelar Latihan Instruktur, PC IPNU Kabupaten Pekalongan Siapkan Kader Berkualitas

Gelar Latihan Instruktur, PC IPNU Kabupaten Pekalongan Siapkan Kader Berkualitas

Guna meningkatkan kualitas kader, Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Kabupaten Pekalongan mengadakan Latihan Instruktur (LATIN). Kegiatan pengkaderan non formal ini bertempat di MTS Ma’arif NU Sragi, Kabupaten Pekalongan pada Kamis – Ahad (28-31/1/21).

Kegiatan Latin ini sendiri sebenarnya telah dimulai sejak awal tahun ini, yakni dengan diadakannya Kelas Dialektika Kader (KDK) sebanyak dua kali, pertama pada Sabtu (2/1/21) di SMP N 1 Paninggaran, serta yang kedua di PP Attaufiqy 2 Petungkriyono pada Jumat (15/1/21).

Rangkaian kegiatan Latin kemudian berlanjut ke tahap screening yang berlangsung di MWC NU Wonokerto. Setelah melalui beberapa tahapan, PC IPNU Kabupaten Pekalongan akhirnya meloloskan 12 peserta dari 35 yang mendaftar. Kedua belas peserta itulah yang mengikuti Latin di MTS Ma’arif NU Sragi.

Ketua Organizing Committee (OC), Abdul Qodir Jailani, mengungkapkan bahwa para peserta tersebut dibekali dengan sebelas materi plus praktek.

“Pada kegiatan Latin ini terdapat sebelas materi yang merupakan materi-materi yang berkaitan dengan ke-instrukturan maupun materi tentang pengkaderan. Lalu juga ada praktek sebagai bekal peserta ketika turun di lapangan” Ucap Qodir.

Sesi materi

Sementara itu, ketua PC IPNU Kabupaten Pekalongan, Muhammad Wafik Fahmi, menjelaskan tujuan serta harapan dengan diadakannya kegiatan Latin tersebut.

“Tujuan kegiatan ini agar terbentuk instruktur yang berkualitas yang nantinya mendampingi kaderisasi di Kabupaten Pekalongan” Ujar Wafik Fahmi.

“Harapan kami instruktur yang lahir nantinya dapat mencetak kader-kader hebat yang kedepan bisa membuat kualitas kader lebih baik, yang nantinya dapat menjadikan organisasi lebih berkualitas” Tambahnya.

Ikrar Peserta Latin

Koordinator departemen kaderisasi PW IPNU Jawa Tengah, Ahmad Mujahid, menegaskan bahwa alumni Latin harus siap untuk menjalankan tugas.

“Alumni Latin yang sudah menjadi instruktur kaderisasi PC IPNU Kabupaten Pekalongan harus siap secara lahir dan batin, karena ini adalah sebuah perjuangan bentuk khidmat kita semua kepada organisasi.”. Ujarnya.

Dalam kegiatan Latin ini, selain diisi dengan berbagai macam materi, juga terdapat Inagurasi, Bakti Sosial, Ikrar dan diakhiri dengan RTL (Rapat Tindak Lanjut). (K.A)

Bagikan Rekan :

Tinggalkan Balasan