Dimulai Dari Hal Yang Kecil

Akhir-akhir ini di masyarakat sering dijumpai orang meninggal. Memang sebenarnya kehidupan dan kematian adalah dua hal yang pasti dialami manusia, jika ada hal yang hidup, maka barangtentu dia bakal mati. Namun kematian seseorang akan menjadi berarti ketika kita mau memahami dan memetik hikmah dari kematian tersebut, bukan malah kita terus dirundung kesedihan atas terpisahnya komunikasi dengan dirinya.

IPNU sebagai wadah organisasi pemuda dan pelajar selayaknya harus pandai mensikapi segala problematika dan hegemonik masyarakat indonesia, terlebih lagi indonesia yang kian hari semakin diwarnai oleh agama, kepercayaan, dan ormas-ormas agama yang menambah catatan sikap intoleransi bagi indonesia. Tetapi ipnu sebagai badan otonom Nahdlatul Ulama pastinya harus memegang teguh prinsip-prinsip dasar NU contohnya sikap ta’awun atau saling tolong menolong.

Dalam bersikap ta’awun seorang anggota IPNU ketika menghadapi fenomena kematian seseorang haruslah tumbuh rasa untuk saling gotong-royong dan menolong keluarga yang ditinggalkan (shohibul musibah). Cara nyata yang harus dibiasakan oleh kader IPNU adalah kita berta’ziyah dan membacakan yasin tahlil dihadapan mayit bersama-sama secara berjama’ah. Hal ini pula yang sering dilakukan oleh salah satu PAC IPNU IPPNU Kecamatan kedungwuni ketika mendapati anggota keluarga kader IPNU yang meninggal untuk kemudian dikordinasi berta’ziyah bersama.

Memang hal ini terlihat sepela dan biasa saja. Namun sebenarnya jika kita mau beristiqomah dalam melakukan hal tersebut bisa menjadi media syi’ar IPNU kepada masyarakat bahwa seorang kader memegang teguh dalam menjaga tradisi dan amalan yang telah diturunkan secara turun menurun oleh para wali songo. Selain itu sebagai sarana menumbuhkan jiwa sosial kepada kader agar ikut merasakan duka seseorang yang ditinggal anggota keluarga dan mengingat-ngingat akan kehidupan yang fana ini dan akan mati berpindah ke alam akhirat yang kekal abadi.

Oleh departemen dakwah dan pengabdian masyarakat PAC Kedungwuni

Bagikan Rekan :

Tinggalkan Balasan