You are currently viewing Diikuti Ratusan Peserta, STORI PAC IPNU-IPPNU Tirto Berlangsung Sukses

Diikuti Ratusan Peserta, STORI PAC IPNU-IPPNU Tirto Berlangsung Sukses

Tirto – Pimpinan Anak Cabang  (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan perkuat Kaderisasi,Organisasi, dan Administrasi, lewat kegiatan bernama STORI (Sekolah Trainer, Organisasi, dan Administrasi).

Kegiatan ini bertempat di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah (MIS)  Ngalian, Tirto, pada kamis – jumat (14-15/1) dengan diikuti sebanyak 136 peserta dari utusan Pimpinan Ranting  se-anak cabang Tirto dan beberapa dari pengurus PAC, dengan rincian 34 peserta Sekolah Trainer, 68 peserta sekolah Administrasi dan 34 peserta Workshop CBP-KPP Tirto. Kegiatan ditempatkan di ruangan terpisah dengan tetap mematuhi Protokol Kesehatan.

Ketua Organizing Committe (OC), Muhammad Cisnandar,dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini mempunyai banyak tujuan.

“Kegiatan STORI ini memiliki tujuan untuk menjaring kader yang memiliki jiwa pemimpin, serta menguatkan sistem organisasi melalui perbaikan administrasi”. Ucapnya.

Forum CBP-KPP Tirto

Sementara itu, Ketua PAC IPNU Tirto, Ali Yafie menjelaskan, kegiatan STORI ini PAC IPNU dan IPPNU Tirto menekankan pada tiga poin penting.

“Dalam kegiatan STORI ini, ada tiga poin penting yang kami tekankan, yakni mengenai Trainer, Organisasi dan Admistrasi. Kegiatan Trainer sendiri bertujuan untuk menyiapkan jiwa anggota menjadi pemimin yang mandiri. Sementara itu, kegiatan Organisasi bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran berorganisasi dengan memahami peraturan Administrasi. Dan ketiganya saling berkesinambungan untuk mewujudkan keseimbangan dalam roda kepemimpinan”. Bebernya.

Yafie juga menyampaikan, bahwa selain tiga poin tersebut, ada pula kegiatan Workshop Dewan Koordinasi Anak Cabang (DKAC) CBP-KPP Kecamatan Tirto. Forum tersebut diharapkan dapat membentuk komando yang relevan diantara Anak Cabang dan ranting.

“Workshop DKAC CBP dan KPP juga masuk agenda STORI ini. Harapannya melalui forum ini akan membentuk komando yang relevan diantara Anak cabang dan ranting.” Ucap pria yang merupakan mahasiswa IAIN Pekalongan ini.

Forum Trainer

Adapun kegiatan STORI ini mengangkat tema Kaderisasi Kuat, Organisasi Hebat, dengan harapan nantinya semua kegiatan kaderisasi yang dilaksanakan dapat mengukuhkan sebuah sistem organisasi. “Seperti yang kita ketahui, bahwa IPNU-IPPNU adalah Organisasi Kaderisasi” tegas Yafie.

Hal senada diungkapkan oleh Ketua PC IPNU Kabupaten Pekalongan, Wafiq Fahmi. Ia menyampaikan bahwa Kaderisasi, Organisasi dan Administrasi adalah hal yang sangat penting dalam IPNU-IPPNU.

“Kegiatan Kaderisasi, Organisasi dan Administrasi adalah hal yang sangat penting. Di mana Kaderisasi merupakan tongkat utama dalam regenerasi anggota IPNU dan IPPNU. Sementara Organisasi adalah hal yang membuat kita sadar akan tanggung jawab menjadi seorang organisator terlebih di tengah-tengah masyarakat. Dan Administrasi adalah  jantung dari sebuah Organisasi, dimana Administrasi lebih dari sekedar surat – menyurat. Namun, di dalamnya terdapat berbagai poin penting seperti mananjemen, strategi, keuangan, pengarsipan Organisasi yang semuanya ada dalam jiwa Adminstrasi”. Terang Wafiq.

Khusus untuk Trainer, Ketua PAC IPPNU Tirto, Layla Maf’ula mengatakan bahwa lebih banyak materi yang disampaikan, yakni ada enam materi plus praktek.

“Untuk sekolah Trainer sendiri itu ada enam materi yang disampaikan yakni Sistem Kaderisasi, Metode dan Media Pelatihan, Manajemen dan Desain Pelatihan, Bermain dan Belajar, Review materi Makesta PAC IPNU-IPPNU dan Bedah Buku Pedoman Kaderisasi, dan Ketraineran serta diakhiri dengan praktek”. Paparnya.

Salah satu peserta, Khoiri, mengaku bahagia bisa mengikuti kegiatan ini karena acara dikemas tidak hanya materi saja namun diselingi dengan hiburan.

“Kesan saya mengikuti kegiatan ini adalah senang bercampur dengan bosan dan juga canda tawa, namun saya tetap bahagia”, Ucapnya ketika ditanya kesan dan pesannya mengikuti kegiatan ini.

Kontributor : Vita Ardiana (Jurnalis dan informasi PAC IPPNU TIRTO)

Editor : K. Anwar

Bagikan Rekan :

Tinggalkan Balasan