You are currently viewing Bantu Pelajar Di Masa Pandemi, Ini Langkah IPNU Kabupaten Pekalongan

Bantu Pelajar Di Masa Pandemi, Ini Langkah IPNU Kabupaten Pekalongan

Sebagai wujud keprihatinan atas berbagai masalah pendidikan yang terjadi selama pandemi Covid-19, Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Kabupaten Pekalongan menggagas sebuah program yang bertujuan untuk mencerdaskan anak bangsa.

Program yang diinisiasi oleh PC IPNU Kabupaten Pekalongan itu diberi nama Taman Belajar, yang merupakan program konseling dan pendampingan belajar.

Wakil ketua PC IPNU Kabupaten Pekalongan bidang jaringan sekolah dan pesantren, Ahmad Zidni Ilman, menjelaskan alasan, tujuan, serta konsep dari program tersebut. Menurutnya, IPNU sebagai organisasi pelajar harus ikut serta dalam menyelesaikan berbagai masalah pendidikan yang terjadi selama pandemi Covid-19.

“IPNU mengambil peran atas problematika pelaksanaan pembelajaran pada masa pandemi. Semoga dapat membantu memfasilitasi, pendampingan belajar, dan melakukan konseling kepada pelajar dengan melibatkan relawan Taman Belajar” Ucapnya.

“Konsepnya setiap tim mentor membentuk kelompok belajar yang terbagi di beberapa titik sesuai kebutuhan, memfasilitasi dan pendampingan belajar kepada peserta dengan tetap memperhatikan ketentuan protokol pencegahan covid-19” Ujar Zidni menambahkan.

Pelaksana dari program ini adalah PC IPNU Kabupaten Pekalongan sebagai koordinator program yang bertanggung jawab penuh. Kemudian Pimpinan Anak Cabang (PAC) sebagai pendamping mentor dan Pimpinan Ranting (PR) sebagai mentor yang menjalankan program.

Target dari program ini ini adalah terbentuknya kelompok taman belajar di desa/ranting se-Kabupaten Pekalongan dengan sasaran program adalah siswa-siswi yang menempuh pendidikan di Sekolah Dasar atau Madrasah Ibtidaiyah sederajat.

Lebih lanjut, pria yang juga mahasiswa IAIN Pekalongan itu juga mengharapkan program ini berjalan lancar dan memberikan manfaat besar, khususnya kepada kalangan pelajar di Kabupaten Pekalongan.

“Harapannya bisa menjadi sebuah wadah untuk melakukan proses pembelajaran dalam rangka menggerakkan pendidikan di masa pandemi” jelasnya.

Program Taman Belajar ini telah dilaunchingkan pada Jumat (13/2/21) lalu. Program ini sudah bisa dimulai pada bulan ini dan semoga dapat terus ada sebagai wujud pengabdian IPNU di masyarakat. (K.A)

Bagikan Rekan :

Tinggalkan Balasan