You are currently viewing Alumni Makesta Sragi Diminta Jadi Tulang Punggung NU Masa Depan

Alumni Makesta Sragi Diminta Jadi Tulang Punggung NU Masa Depan

Sragi – Pelajar NU di kelurahan Sragi, kecamatan Sragi, kabupaten Pekalongan mulai aktif melakukan proses kaderisasi formal, yaitu Masa Kesetiaan Anggota (Makesta). Bertempat di TPQ Istiqomah dukuh Ringin 7 Sragi, Pimpinan Ranting IPNU dan IPPNU kelurahan Sragi mengadakan Makesta 1 pada Jumat – Ahad (22-24/1).

Pembukaan Makesta yang dihadiri oleh pengurus TPQ Istiqomah dan banom NU kelurahan Sragi dimulai jumat pukul 15.00 WIB. Peserta sendiri berjumlah 67 orang dengan rincian 27 IPNU dan 37 IPPNU.

Tema yang diusung pada kegiatan ini adalah “Membentuk kader yang mandiri”, yang berarti bahwa setelah diadakannya Makesta 1 ini, kader itu tidak selalu berketergantungan sama orang lain, harus selalu teguh dalam pendirian sendiri dan peka terhadap keadaan.

Pengurus TPQ Istiqomah, ustadz Ahmad Jaelani mengaku bangga dengan diadakannya Makesta. Ia berharap nantinya alumni dari kegiatan ini akan menjadi tulang punggung Nahdlatul Ulama (NU).

“Saya sangat bangga dan mengapresiasi yang sebesar-besarnya, karena dengan diadakannya Makesta ini maka rekan-rekanita yang mengikutinya akan menjadi tulang punggung dan generasi NU mendatang” Ucapnya.

Sementara itu, ketua PAC IPNU Sragi, Ahmad Muhaimin, meminta supaya kegiatan Makesta ini harus dijalankan oleh seluruh ranting di Kecamatan Sragi, agar nantinya tidak terjadi kekurangan kader.

“Saya berharap untuk Makesta seperti ini harus kita jalankan bersama-sama oleh seluruh ranting se-kecamatan Sragi, supaya nantinya ranting-ranting untuk generasi seterusnya tidak kekurangan kader, karena setelah adanya kaderisasi ini akan mempermudah adanya generasi ranting berikutnya” tutur Muhaimin.

Materi yang diberikan dalam Makesta mandiri ini meliputi Ke-aswaja-an, ke-Organisasi-an, ke-Indonesia-an, ke-IPNU-IPPNU-an, ke-NU-an dan ke-Administrasian. Kegiatan Makesta ini ditutup dengan prosesi pembaiatan yang dilakukan di lapangan dukuh Ringin 7 oleh PC IPNU-IPPNU kabupaten Pekalongan.

Kontributor : Nicolas Akbar

Editor : K. Anwar

Bagikan Rekan :

Tinggalkan Balasan