Ahlu Sunnah Wal – Jama’ah : Dasar, Keistimewaan, dan Buahnya

            Ahlu sunnah wal-jama’ah  adalah golongan islam yang yang berpegang teguh pada ajaran Rosulaallah saw. Jejak rosul semuanya berasal dari wahyu Allah swt, Yang berupa kitab suci  Al – Qur’an dan Sunnah Rosul  yang meliputi  Aqwal yaitu (ucapan), Af’al (perbuatan), dan Taqrir (penetapan) Rosul . Sebagaimana pesan Rosullullah saw ;  “ Hendak nya kamu semua berpegang teguh pada Sunnah ku , Dan Sunnah khulafaur Rosyidhin yang mendapat kan petunjuk  “ ( H.R ABU DAUD ) .

 Dari hadist tersebut kita diajak untuk menjalankan dan mengamalkan sunnah nabi Rosullullah SAW , seperti sunnahnya yang kita lakukan yaitu Tarawih dan sholat Witir yang biasa dilakukan oleh seluruh umat islam ketika bulan Romadhon , Sebagaimana yang dikatakan oleh Rosullullah SAW ; ” Barang siapa melakukan (Ibadah) di bulan Romadhon dengan penuh keimanan dan ke iklasan semata mata hanya karena ALLAH SWT . Maka ia akan di ampuni dosa dosanya terdahulu . selain itu kita sebagai umat islam di anjurkan untuk mengamalkan dan memperbanyak ibadah di malam malam bulan Romadhon , antara nya Tadarus ,  Pengajian kitab kuning , Pesantren kilat , Berdzikir , maupun kegiatan lain nya yang bernuansa ibadah.

Adapun sholat sunnah yang di lakukan dibulan Romadhon maupun tidak dibulan Romadhon seperti sholat Tahajud yang diartikan sebagai Sholat di malam hari setelah bangun tidur . Nabi Muhammad SAW saja tidak pernah meninggalkan sholat tahajud pada tiap malam , Seorang Nabi  yang disebut makhluk allah yang istimewa saja tidak meninggalkan sholat sunnah apalagi dengan kita seharusnya kita dapat mengamalkan  dengan baik pula beserta sunah sunah nya  yang lain ingat bahwa  “ Semakin banyak kita mengerjakan sholat , baik fardlu maupun sunnah  , maka semakin bertambah pula kebaikan dan kesempurnaan kita , dan juga terjauhkan dari segala kejahatan dan kemungkaran . Rosullullah juga menerangkan keutama’an nya pada sebuah hadist yang berarti ; “ Sholat yang paling utama setelah sholat fardlu adalah sholat malam (Tahajud) “ , ( Hr. Muslim Dan Thirmidzi ) .
      
         Ada beberapa pertanya’an yang salah satu nya adalah Mengapa orang NU suka membaca Tahlil ??  salah satu ulama’ menjawab  Penjelasannya adalah Tahlil merupakan salah satu Amaliyah warga NU . Bukan hanya sekedar itu saja Tahlil Pun dilakukan untuk beberapa tujuan antara nya ;  Memohon ampunan kepada  Allah dan memohon keselamatan dan kebahagiaan ,  untuk mendapatkan keberkahan dan kesuksesan, tetapi disamping itu kita tidak boleh hanya menunggu dan meminta tetapi haruslah berusaha terus menerus agar mencapai segala yang di inginkan . Tidak jauh dari hal itu kita juga harus dilengkapi dengan amal di kehidupan yang kita lakukan dengan landasan sebagai ibadah , Amaliyah seperti apa yang kita lakukan ?? Antara lain :

A . BERBUAT BAIK KEPADA ORANG TUA
       Orang tua merupakan orang yang berjasa dan besar kasih sayang nya kepada kita , Ayah sebagai tulang punggung keluarga yang menghidupi keluarga dengan susah payah mencari nafkah walaupun itu memang kewajuban nya seorang ayah . tetap kita pantas menghargai dan menghormati nya , tidak hanya ayah , ibu juga merupakan salah satu orang yang paling sayang kepada kita , dia yang telah mengandung , melahirkan , menyusui dengan penuh kasih sayang,  Betapa besar jasa dan cinta kasih mereka kepada kita  yang tidak dapat di ukur dan di hitung dengan materi . Sepantasnya kita sebagai mukhalaf ahlusunnah waljama’ah   berbakti pada orang tua . Sebagaiman firman Allah ; “ Dan kami perintahkan kepada manusia ( untuk berbuat baik ) kepada orang tua (QS.LUQMAN ; 14 )  Berbakti kepada orang tua tidak hanya saat mereka masih hidup meskipun sudah meninggal masih dapat berbakti kepadanya dengan Mendo’akan orang tua dan memohon ampun kepadanya untuk mereka , Membaca tahlil untuk orang tua , Banyak bersedekah kepada fakir miskin dan yatim piatu , Menjalin baik hubungan dengan anggota keluarga yang lain .

B. HUBUL ULAMA
        Bisa dikatakan sebagai arti mencintai Ulama ,Ulama  Merupakan seorang yang memiliki pengetahuan tentang agama secara mendalam , atas jasa mereka agama islam tersebar ke seluruh dunia . Oleh karena itu , Nabi Muhammad saw, menyebut ulama sebagai pewaris para Nabi , Sebagai cinta kita kepada mereka dengan mengikuti apa yang mereka ajarkan dan perintahkan nya , Selain itu juga kita dapat mencotoh para Ulama apabila kita telah tamat belajar , kita tidak boleh besar hati dengan tidak mau berbagi ilmu terhadap sesama , Ada beberapa tanda ilmu yang bermanfa’at ; Ilmu yang senantiasa bertambah , Ilmu nya dapat diajarkan kepada orang lain , semakin banyak ibadahnya kepada Allah SWT, Maka dari itu kita diajarkan untuk berbagi ilmu , Semakin banyak ilmu kita yang di pakai orang lain selagi bermanfaat , percayalah amal pahala akan tetap mengalir.

D.HUBBUL WATON
         Sebagai warga NKRI hendaknya kita mempunyai kesadaran hidup bernegara , Mempunyai kewajiban yang harus dilaksanakan yang sesuai dengan peraturan perundang undangan yang berlaku ,Menjaga dan cinta tanah air  Banyak hal yang dapat di wujudkan untuk menunjuk an bahwa gigih memperjuangkan kemerdekaan antara nya ; Mematuhi peraturan perundangan yang berlaku ,Membela dan menjunjung tinggi nilai nilai kebudayaaan , Ikut serta membangun generasi untuk masa depan , menjaga persatuan dan kesatuan bangsa bisa dikatakan dengan saling menghormati satu sama lain walaupun beda agama , kepercayaan , asalnya dan kedudukan , selain itu pun harus menjadi penerus pejuang teredahulu

E. HUBBUL AMAL
          Islam adalah agama yang menyuruh penganut penganut nya suka bekerja, Pada surat AL – JUMU’AH Ayat ; 10 Disebut kan bahwa “ Apabila telah ditunaikan maka bertebaran lah kamu di muka bumi dan cari lah ( dengan bekerja )karunia ALLAH Dan ingat lah ALLAH banyak banyak supaya kamu beruntung ( QS AL – JUMU’AH : 10 ) . Maksud dari kandungan ayat tersebut bahwa seseorang di perintahkan agar terus berusaha dan bekerja dengan senantiasa mengingat kebesaran Allah SWT , Dalam islam bekerja sangat di anjurkan dengan bekerja keras prestasi hidup meningkat. Karena tingginya nilai bekerja keras , Islam sangat membenci sifat malas dan ingat satu hal “ Bahwa malas adalah  maut dan racun yang dapat membunuh badan dan pikiran . Ada se ekor anjing yang malas karena di timpa penyakit maka rontoklah rambut  nya, demikian  pula orang yang malas , fisiknya akan menjadi lemas dan lemah dan akal nya menjadi tumpul . Dari uraian tersebut , menjadi jelaslah bekerja keras memang di harus kan dalam islam , Oleh sebab itu Nabi Muhammad  saw,menegaskan kesukaan Allah SWT .  “ Sesungguhnya Nabi Muhammad SAW menyukai seseorang di antara kamu apabila mengerjakan sesuatu pekerjaan maka ia akan menerapkan pekerjaan itu” . itu lah beberapa amalan AHLU SUNNAH WAL – JAMA’AH  Pada kehidupan kita , Selayaknya kita sebagai umat islam haruslah mengamalkan dan menjalankan nya dengan iklas dan lapang dada .
         AHLU SUNNAH WAL – JAMAAH membangun beberapa kelembaga’an yaitu IPNU IPPNU ,IPNU merupakan badan otonom NU  yang menghimpun para pelajar putra , sedangkan IPPNU merupakan badan otonom yng menghimpun pelajar putri .para pelajar yang tergabung dalam kelembagaan ipnu ippnu terdiri atas pelajar sekolah , kebanyakan mereka adalah pelajar sekolah atau madrasah yang di bawah naungan lembaga MA’ARIF NAHDLATUL ULAMA . Generasi baru ini di bangun melalui kelembagaan untuk terus memperjuangkan kejaya’an NAHDLATUL ULAMA terutama pada generasi pelajar .
           Kesimpulan dari ulasan ulasan berikut bahwa ajaran ajaran pendidikan dan akhlak pada ASWAJA  ( AHLU SUNNAH WAL JAMA’AH ) sangat lah penting dan di haruskan sebab sangat berpengaruh terhadap kehidupan umat islam , selain berpedoman pada AL-QUR’AN ,HADIST ,IJMA’ , QIYAS , di haruskan pula dapat mengamalkan ajaran yang di anjurkan   AHLU SUNNAH WAL- JAMA’AH .
                                                                                      
DEDY PRIANTO_PAC IPNU LEBAKBARANG 
Bagikan Rekan :

Tinggalkan Balasan